Cegah Penyebaran Antraks, Hewan Ternak di Cianjur Rutin Diperika

Petugas memeriksa kesehatan hewan sebagai antisipasi penyebaran penyakit Antraks
Petugas memeriksa kesehatan hewan sebagai antisipasi penyebaran penyakit Antraks. (foto: istimewa)

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur melakukan pemeriksaan rutin kesehatan hewan untuk mengantisipasi penularan penyakit antraks.

Kepala DPKHP Cianjur Aris Haryanto mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan seiring meningkatnya kasus hewan ternak yang terpapar penyakit antraks di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Baca Juga:  Polda Jabar Lakukan Penelitian Kerusakan Lingkungan yang Jadi Penyebab Banjir di Garut

Petugas kesehatan, lanjut dia, menggencarkan pengecekan ke sejumlah peternakan dan warga pemilik ternak untuk memastikan kondisi kesehatan hewan tidak terpapar penyakit.

Baca Juga:  Pagi Ini, Kotamobagu Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,2

“Selama ini petugas kesehatan hewan yang ada rutin melakukan pemeriksaan, seiring maraknya penyakit antraks yang menyerang hewan ternak di daerah lain, pemeriksaan lebih digencarkan setiap pekan,” kata Aris di Cianjur, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga:  Ada 1.508 PKL di Kawasan Monju, Ema Sumarna Tegaskan Hal Ini

Dia menjelaskan, petugas kesehatan hewan rutin mengadakan vaksinasi dan penyuluhan pada peternak berkoordinasi dengan pusat kesehatan hewan yang ada di wilayah Cianjur, termasuk melakukan pengawasan terhadap lalulintas hewan ternak dari luar ke Cianjur.