Cipanten, Bisa Untuk Wisata Edukasi

JABARNEWS | MAJALENGKA – Selain asyik dan menyegarkan karena masih melimpah airnya, Situ Cipanten di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka, juga bisa untuk wisata edukasi. Pasalnya, banyak beragam pepohonan besar yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik.

Salah seorang mahasiswi asal Majalengka, Milawati mengatakan keberadaan Situ Cipanten ini punya keistimewaan tersendiri yakni sumber mata airnya berasal dari tujuh mata air. Sehingga, meski terlihat menyusut, kondisi airnya ‎masih terlihat melimpah dan jernih.

Baca Juga:  Tertimbun Longsoran Gempa Cianjur, Jenazah Pedagang Bakso Ditemukan dalam Posisi Memeluk Putrinya

“Terkesan lebih adem, karena masih banyak pepohonan. Rindangnya pohon besar yang berusia puluhan tahun itu, cukup menyejukkan mata dan suasana pengunjung yang tidak bisa berenang,” ungkapnya, Rabu (24/10).

Baca Juga:  Anggota Brimob Meninggal Dunia Saat Mengamankan Unjuk Rasa, Begini Kronologisnya

Sementara itu, pecinta lingkungan yang juga mahasiswi, Mona Indan mengatakan pihaknya berharap semua pohon yang ada di lokasi obyek wisata, apalagi yang berusia ratusan tahun, agar tetap dijaga dan dilindungi. Mengingat fungsinya yang tidak hanya untuk menyerap air hujan, namun bisa membuat nyaman dan adem suasana di sekitarnya.

Baca Juga:  Soal Wacana Pembatasan Usia Medsos, Pengamat: Tidak Penting

“Majalengka akan menjadi kota besar di kemudian hari. Maka obyek wisata alam yang masih banyak pepohonannya itu, akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk pengunjung, namun warga di sekitarnya. Apalagi Situ Cipanten ini mengairi sejumlah kecamatan yang ada di bawahnya yakni Kecamatan Sukahaji dan Palasah,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat