Dalam Raker Unisba 2022, LLDIKTI Beberkan Syarat Perguruan Tinggi Miliki Kualitas di Level Internasional

Rapat Kerja Pejabat Struktural Universitas Islam Bandung (Unisba) 2022 di Aula Unisba, Kota Bandung, Selasa (17/5/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten membeberkan syarat perguruan tinggi agar bisa memiliki kualitas di level internasional.

Dalam Rapat Kerja Pejabat Struktural Universitas Islam Bandung (Unisba) 2022, Kepala LLDIKTI Wilayah 4 Samsuri mengatakan bahwa syarat yang pertama supaya perguruan tinggi memiliki level internasional yakni, pertama investasi Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga:  Markus Horison, Mantan Kiper Persib Putuskan Terjun ke Politik di Pileg 2024

Dia menyampaikan bahwa investasi SDM ini mutlak dalam dua hal, pertama dari sisi kuantitas dan kedua dari sisi kualitas.

“Kuantitas yang dimaksud yakni jumlah dosennya cukup, itulah kenapa dalam setiap pembukaan program studi baru diusahan dosen minimal 5. Semakin banyak mahasiswa yang datang maka dosennya harus semakin cukup,” kata Samsuri di Aula Unisba, Kota Bandung, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga:  Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Jumat 26 Agustus 2022

“Kedua dari sisi kualitas, ada dua hal, pertama dari sisi kualifikasinya, saya pikir ketika dosen itu syaratnya harus minimah S2, jika ada yang bertanya kualitas dosen harus seperti apa, maka jawabannya harus S3. Kedua yakni karirnya, ketika sudah terjun sebagai dosen maka tidak ada pilihan lain kecuali menjadi dosen profesional,” tambahnya.

Baca Juga:  Dihamili Ayah Tiri, Anak Gadis di Garut Ngaku Hamil oleh Jin