Antisipasi PMK, Polres Purwakarta Lakukan Ini

Jajaran Polres Purwakarta saat lakukan pemantauan ke sejumlah peternakan di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok Humas Polres Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, khususnya sapi, kambing dan kerbau, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto perintahkan kepada seluruh kapolsek dan bhabinkamtibmas untuk turun ke lapangan. Apalagi, penyakit itu tengah merebak di beberapa kabupaten di Indonesia.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa dan Salat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Selasa 18 April 2023

Perintah tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Seperti diketahui, kapolri mengatakan Polri siap melakukan pendampingan serta pengawasan penanganan penyakit mulut dan kuku hewan ternak.

Pria yang akrab disapa Hery itu menyebut bahwa Polres Purwakarta siap bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta untuk membantu pencegahan penyebaran PMK di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Ungkap Tiga Kasus Narkotika, Ini Daftar Barang Buktinya

“Polres Purwakarta siap membantu Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta sebagai leading sektor terkait adanya penyakit mulut dan kuku hewan ternak. Kami siap membantu dinas terkait melakukan pengecekan ketat terhadap perdagangan hewan ternak agar penyakit ternak tersebut tidak terjadi di Kabupaten Purwakarta,” ucap Hery, pada Selasa (17/5/2022).

Baca Juga:  Cuaca Hari Ini Potensi Hujan Angin dan Kilat, Termasuk di Jabar

Ia mengatakan pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh kapolsek dan bhabinkamtibmas untuk lebih besinergi dengan Diskanak Kabupaten Purwakarta serta petugas kesehatan kewan di lapangan.