Datangi Lokasi Longsor di Garut, Ono Surono Dorong Pemda Miliki Intensitas Mitigasi Bencana

PDI Perjuangan Jabar
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono di lokasi bencana longsor di Desa Parakan, Kampung Cipulae Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Senin (8/5/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | GARUT – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengunjungi lokasi bencana longsor di Desa Parakan, Kampung Cipulae Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Senin (8/5/2023).

Akibat longsor yang terjadi Sabtu (6/5/2023) dini hari ini, lima rumah rusak, satu madrasah tertimbun, satu masjid rusak serta 49 rumah masuk kategori terdampak.

Baca Juga:  Polisi Periksa 19 Saksi Kasus Dugaan Gratifikasi Umrah di Cianjur

“Garut adalah daerah rawan bencana seperti banjir, longsong dan gunung berapi, sehingga seyogyanya Pemerintah memberikan perhatian khusus, dari mulai mitigasi kemudian pembangunan infrastruktur untuk pencegahan, penataan lingkungan dikawasan gunung, hutan dan lahan pertanian yang sudah banyak terjadi kerusakan dan alih fungsi lahan,” kata Ono di lokasi bencana.

Baca Juga:  Rudy Gunawan Usulkan Dana RP Rp1 Miliar untuk Program Simpanan Pelajar di Garut

Ono menegaskan, pemerintah daerah juga harus memiliki langkah penanganan bencana, dari mulai harus ada lumbung sosial, relokasi serta perbaikan sarana prasarana warga.

Baca Juga:  Buat Game Online, Dua Pemuda 'Bunuh Diri' Curi Sepeda di Asrama TNI

Ia yakin bila Pemerintah melakukan itu, maka antisipasi terjadinya bencana dapat dilakukan termasuk penanganannya akan berjalan dengan baik.