Dear Jomlo, Ini 5 Tips buat Temukan Pasangan Hidup

JABARNEWS | BANDUNG – Mencari pasangan hidup yang tepat bukanlah perkara mudah, sebab terdapat beberapa hal yang membuat seseorang sulit melepaskan status jomlo.

Umumnya seorang jomlo kesulitan mencari pasangan hidup karena faktor ketidakcocokan. Namun, ada pula yang terkendala oleh waktu dan kesibukan.

Jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk mendapatkan pasangan hidup. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan jodoh atau pasangan hidup, dilansir Dating.com, Senin (5/4/2021).

Kesatu, jadi diri sendiri. Sebelum memulai mencari pasangan, sebaiknya mulai memahami dan menilai diri sendiri, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Rasa percaya diri bisa menjadi pendorong yang membuat seorang jomlo bergerak untuk mencari pasangan hidup. Jika sudah menilai diri sebagai seseorang yang layak memiliki hubungan, maka tanpa diduga hati akan terbuka dan pada akhirnya akan bertemu dengan pasangan hidup.

Baca Juga:  Tanggap Bencana, Inilah yang Dilakukan Kapolsek Cibatu

Kedua, kriteria tidak muluk-muluk. Setelah menemukan jati diri dan percaya diri, mulailah membuat kriteria pasangan yang diinginkan. Namun, perlu diingat, mendapatkan pasangan yang sempurna tanpa kekurangan adalah hal mustahil.

Coba perhatikan kembali daftar kriteria tersebut. Jika terlalu muluk-muluk, sebaiknya pertimbangkan kembali kriteria mana saja yang seharusnya dipertahankan dan mana yang tidak.

Ketiga, cari pasangan senyaman mungkin. Pasangan yang cocok adalah mereka yang bisa merasa nyaman saat saling bersama. 

Baca Juga:  Deklarasi Pesantren Kawal NKRI Kuatkan Persatuan dalam Keberagaman

Akan tetapi, cobalah untuk merasakan apakah rasa nyaman yang didapatkan ketika bersamanya benar-benar sebuah cinta yang tulus atau hanya sekedar cinta buta.

Tanda kecocokan dengan pasangan dapat dilihat dari sama-sama memiliki emosi yang stabil dan dewasa, komunikasi yang baik dan memiliki tujuan yang sama.

Jika hanya karena dibutakan oleh cinta, sebaiknya berpikirlah masak-masak sebelum memutuskan menikah, sebab hubungan yang dilandasi cinta buta tidak bertahan lama.

Keempat, temui orang baru. Setelah mengenal diri dan menyusun impian, saatnya bertemu orang baru. 

Kalau takut menemui orang baru di dunia nyata, cobalah memulai dari aplikasi kencan. Kelebihan berkenalan di internet adalah, seorang jomlo bisa mengidentifikasi sosok incaran tanpa harus bertemu secara langsung. 

Baca Juga:  Satu Tersangka Kasus Korupsi Revitalisasi Pasar Cigasong Majalengka Resmi Ditahan Kejati Jabar

Kelima, pertemuan. Setelah bertemu secara virtual dan obrolan dengan dia sudah cocok, selanjutnya jomlo bisa bertukar nomor telepon untuk memulai obrolan yang lebih spesifik.

Obrolan itu bisa menyangkut seputar pekerjaan, keluarga, makanan kesukaan, genre film favorit, dan lain-lain. Ini adalah titik penting apakah suatu hubungan akan berlanjut atau tidak. 

Jika merasa saling tertarik dan terbuka, tidak ada salahnya membiarkan semuanya mengalir hingga ke pertemuan pertama. (Red)