Debat Pilkada Karawang 2020 Akan Usung Tema Ini

JABARNEWS | KARAWANG -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang telah menetapkan tema dan jadwal debat Pilkada Karawang 2020. Ketiga pasang kandidat akan berdebat selama satu kali pada Rabu malam (25/11/2020) sekitar pukul 19.00 WIB.

“Tema debat pilkada tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dalam Persaingan Global,” kata Miftah Farid, Ketua KPU Karawang kepada wartawan di Kantor Kejari Karawang, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga:  Legislator Kecam BNNK Tasikmalaya Minta THR ke PO Budiman

Miftah menuturkan, tema tersebut akan dikembangkan lagi menjadi sejumlah pertanyaan oleh tim ahli terdiri dari akademisi Unpad, Unsika, UBP, gugus tugas provinsi, dan sejumlah tokoh agama.

“Untuk pertanyaan, sepenuhnya mutlak kewenangan tim penyusun. Karena kita sudah percayakan pertanyaan-pertanyaan kepada orang yang kompeten di bidangnya,” kata Miftah.

Baca Juga:  Polisi Periksa Sekdes dan Bendahara Desa Pangkalan Purwakarta, Soal Apa?

Selain itu, setiap calon juga disarankan menyiapkan materi lainnya. Sebab, kata Miftah bisa jadi keluar topik tentang penanganan Covid-19.

“Karena sekarang pandemi, jadi nanti setiap paslon diminta menyiapkan bagaimana strategi dan pencegahan covid19,” ujar Miftah.

Selain itu, setiap pasang calon juga tak ada ruginya mengungkapkan topik lainnya. Miftah mencontohkan, topik akselerasi pembangunan, strategi-strategi pencapaian pembangunan, dan harmonisasi pusat dan daerah.

Baca Juga:  SMA/SMK Kekurangan Ruang Kelas

“Para calon akan berdebat selama 90 menit,” kata Miftah.

Dalam debat tersebut, pihak yang hadir dibatasi hanya calon, empat orang tim kampanye, lima orang KPU, dan dua orang Bawaslu. Hal ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 tahun 2020. (Red)