Digitalisasi Dinilai Mampu Tingkatkan Produktivitas dan Taraf Hidup Petani, Begini Penjelasannya

Indah menerangkan, prosedur sederhana dan cepat berkat digitalisasi memungkinkan petani untuk mendapatkan akses ke dana yang dibutuhkan dalam waktu singkat yang dapat digunakan untuk membeli benih, pupuk, alat mesin pertanian, dan pembiayaan investasi pertanian lainnya.

“Adanya data dan informasi yang tercatat secara digital, lembaga keuangan dapat melakukan analisis risiko dan penilaian kredit dengan lebih efisien,” bebernya.

Baca Juga:  Gara-gara Perkara OTT ASN, Bawaslu Cianjur Diminta Bekerja Profesional

Indah meyakini, digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko, dan petani memperoleh akses yang lebih luas terhadap pembiayaan yang mereka butuhkan. Lewat KUR, lanjut dia, petani didorong untuk memodernisasi budi daya dan pengelolaan lahannya dengan pembelian alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan skema kredit.

Baca Juga:  Ini Pengakuan Suami Bakar Istri di Bogor, Menurut Kalian Salah Siapa?

Indah menambahkan, teknologi digital seperti sensor, drone, dan satelit memungkinkan petani untuk memantau kondisi tanaman secara real-time. Mereka dapat mendapatkan informasi tentang tingkat kelembaban tanah, kebutuhan air, tingkat nutrisi, dan serangga atau penyakit yang mungkin menyerang tanaman.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Selasa 22 Maret 2022

“Informasi ini, petani dapat mengambil tindakan yang tepat waktu untuk mencegah kerugian dan meningkatkan hasil panen,” tandasnya. (Mul)