Dinkes Purwakarta Ungkap Hasil Uji Sampel Kasus Keracunan Massal di Pondoksalam

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menjenguk para korban keracunan di RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS │ PURWAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta langsung melakukan uji sampel terhadap makanan dan muntahan dari kasus keracunan massal yang menimpa ratusan warga.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan, uji sampel dilakukan terhadap makanan dan muntahan korban keracunan. Hasilnya, petugas menemukan adanya senyawa kimia yang bersifat beracun dalam makanan yang diuji.

Baca Juga:  Setiawan Wangsatmaja Minta Mitra Strategis Bentuk SDM Berkualitas

Menurut Deni, kandungan senyawa kimia bersifat beracun tersebut diduga menjadi menyebabkan orang yang mengonsumsinya mengalami keracunan.

“Data hasil pemeriksaan laboratorium hari ini terhadap sampel makanan, terutama pada sampel muntahan dari pasien itu ditemukan senyawa kimia yang bersifat toksik (beracun),” ujar Deni kepada awak media pada Rabu (17/5/2023).

Baca Juga:  Satlantas Polres Purwakarta Bagikan Takjil Ke pengguna Jalan Sudirman

Adapun kandungan yang ada pada hasil uji sampel tersebut, Deni mengatakan, ada kandungan nitrit. Diketahui nitrit disebutkan menjadi penyebab utama keracunan masal tersebut.

Baca Juga:  Wah! Anak Pedangdut Nasional Diringkus Polisi Purwakarta, Ini Kasusnya