Dorong Inovasi dan Kreatif: UMKM Kota Bandung Butuh  Pentahelix

Salah satu pelaku UMKM di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Potensi di kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung memerlukan membutuhkan bantuan Pentahelix guna mendorong maksimal proses pengembangan inovasi dan kreatifitas.

Hal ini diutarakan Anggota DPRD Kota Bandung,Agus Andi Setyawan dalam   Gelar Program UMKM dan Launching Katalog UMKM di Kantor Kecamatan Kiaracondong, Rabu (10/8/2022).

“Jadi kolaborasi pentahelix berperan penting dalam hal ini,” ujarnya,

Baca Juga:  DPRD Beri Sejumlah Catatan untuk Rancangan Awal RPJPD Bandung 2025-2045

Dalam kesempatan tersebut, ia berkeliling bazar UMKM di kantor Kecamatan Kiaracondong, sambil mendengar aspirasi dari para pelaku UMKM.

Menurut Agus, pentahelix yang terdiri dari akademisi, swasta, pemerintah, komunitas dan media, memiliki peran yang besar untuk meningkatkan kualitas UMKM di Kota Bandung.

“UMKM Kota Bandung memiliki potensi yang besar, tapi perlu adanya dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Jabar Diklaim Hampir 100 Persen

Selain itu, ia berharap melalui Katalog UMKM Kiaracondong, maka dapat menciptakan UMKM yang naik kelas serta berkualitas.

“Diharapkan UMKM di Kota Bandung kualitasnya semakin meningkat, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat luas,” katanya.

Ia mengakui banyak negara-negara yang saat ini mengalami krisis global akibat dampak dari pandemi Covid-19. Namun dengan adanya UMKM-UMKM di Indonesia, maka dapat terhindar dari dampak krisis global tersebut.

Baca Juga:  Ribuan botol miras dimusnahkan, di Mapolres Purwakarta

“Ini merupakan hasil dari keikhlasan dan kerja keras kita, terutama UMKM-UMKM, sehingga kita bisa terhindar atau berdampak minim dari krisis global yang kini melanda dunia,” ujarnya. **