DPKPB Purwakarta Sebut 575 Peristiwa Bencana Terjadi di Tahun 2019

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mencatat ada sebanyak 575 peristiwa bencana terjadi di sepanjang tahun 2019 lau.

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, becana itu meliputi, kekeringan, kebakaran, tanah longsor, puting beliung, dan banjir.

Baca Juga:  Perkara Wifi, Orang Ini Dibacok Tetangganya Pakai Kapak di Bekasi

“Dari sejumlah becana, peristiwa kebakaran adalah yang paling banyak terjadi di Kabupaten Purwakarta,” ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Jika dirinci, lanjut dia, bencana yang terjadi di Purwakarta yaitu, kebakaran ada 399 bencana, kekeringan ada 135, tanah longsor ada 27, puting beliung 9, banjir 5. Sementara untuk total kerugian matari atas ratursan peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp4.841.300.000.

Baca Juga:  Berturut-turut, Penenggak Miras di Purwakarta Menjadi Korban

Pria yang akrab disapa Wibi itu menjelaskan, 17 kecamatan di Purwakarta merupakan daerah berpotensi rawan bencana, mulai dari rendah, sedang hingga tinggi.

Baca Juga:  Ini Info Bagi Pengguna Tol Palembang-Kayuagung

“Pusat kota Purwakarta paling banyak terjadi kebakaran. Sementara untuk rawan pergerakan tanah ada di kecamatan Bojong karena itu daerah dataran tinggi,” ujar wibi.

Untuk meminimalkan dampak bencana, pihaknya sudah membentuk tim siaga bencana dengan melibatkan stacholder yang ada di wilayah Purwakarta. (Gin)