DPRD Kota Bogor Minta Dinas Pendidikan Larang Sekolah Gelar Wisuda, Anda Setuju?

Gedung DPRD Kota Bogor
Gedung DPRD Kota Bogor. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BOGOR – Penyelenggaraan wisuda bagi siswa TK hingga SMA dianggap memberatkan orang tua. Atas dasar itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor, Devi P Sultani meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengeluarkan larang bagi sekolah menggelar acara tersebut.

“Kita mengimbau, meminta kepada dinas pendidikan untuk mengeluarkan larangan terhadap acara wisuda yang substansi dan urgensinya tidak terlalu diperlukan. Itu yang kita minta dari hasil rapat dengan Dinas Pendidikan,” ujar Devi dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga:  PTM Terbatas 50 Persen di Kabupaten Cianjur Digelar Besok, Herman Suherman Bilang Ini

Devi beralasan, larangan wisuda bagi sekolah karena biayanya terlalu membebani orang tua siswa. “Kenapa kami melarang, karena biaya acara wisuda secara seremoni itu memungut biaya yang tidak sedikit, dibilang sukarela, tapi ada nominal dan itu memberatkan, ujung-ujungnya adalah ijazah,” tandasnya.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Senin 13 Juni 2022

Dalam waktu dekat, kata Devi, pihaknya akan mengagendakan pemanggilan para komite sekolah dan kepala di seluruh Kota Bogor. Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk melakukan tindakan agar sekolah tidak lagi mengadakan acara wisuda.

Baca Juga:  Warga Ciranjang Cianjur yang Tenggelam di Waduk Cirata Akhirnya Ditemukan

“Setelah ini kita akan memanggil komite, dewan pendidikan, dinas pendidikan dan kepala sekolah SD dan SMP terkait wisuda tingkat SD-SMA ini,” jelas Devi kepada awak media.