Syarat Lulus Di SMAN 1 Sukasari, Hafal Quran Juzz 30

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sukasari menerapkan syarat kelulusan siswa kelas XII dengan hafal quran juzz 30 dan pembuatan makalah.

Kepala sekolah Ahmad Rivai mengatakan, program sekolah merupakan suatu pedoman, petunjuk arah, dan penggerak yang menentukan semua aktivitas yang ada di sekolah.

“Bermutu atau tidaknya suatu kegiatan sekolah sangat tergantung pada program yang dibuat,” ujarnya.

Baca Juga:  Hilang Tiga Hari, IRT Ditemukan Tewas di Sungai Silau Asahan

Ahmad menjelaskan, apabila program sekolahnya baik maka kegiatan-kegiatan sekolahnya pun akan baik, dan begitu pula sebaliknya apabila program sekolahnya tidak bermutu maka sudah barang tentu kegiatan-kegiatan sekolahnya tidak akan bermutu pula.

“Program unggulan kami adalah hapalan juz 30 itu salah satu syarat tambahan kelulusan kelas XII dan kenaikan kelas X, XI udah 2 tahun berjalan. Kalau tahun sekarang untuk kelas XII ditambah pembuatan makalah,” jelasnya.

Baca Juga:  DPD Golkar Kota Bandung Serahkan Berkas 50 Bacaleg ke KPU

Ahmad menambahkan, pembuatan makalah harus ada karena berdasarkan masukan dari sebagian mahasiswa. Mahasiswa kebingungan saat disuruh membuat makalah, maka dari itu di sekolah tersebut diterapkan siswa bisa membuat tulisan yg berkaitan tentang daerah Sukasari khususnya.

Baca Juga:  Polisi Deteksi Jaringan Aksi Setop Truk di Bogor, Interaksinya di Facebook?

Lanjutnya, program sekolah ini berkaitan dengan tercapainya tujuan pendidikan.

“Harapan saya program ini bisa membentuk ahlak siswa siswi SMAN 1 Sukasari agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif seperti narkoba, kenakalan remaja dan lain-lain. Dan lulusannya, ketika terjun ke masyarakat bisa menjadi imam,” pungkas Ahmad. (Nto)

Jabarnews | Berita Jawa Barat