Dua Jembatan Putus, 15 Ribu Warga Cidaun di Cianjur Terisolasi

Jembatan Datar Bolang di Kecamatan Cidaun, Cianjur, putus akibat terseret derasnya air sungai Cimaragang. (Antara/Ahmad Fikri)

JABARNEWS | CIANJUR – Ribuan kepala keluarga terisolasi akibat dua jembatan akses warga terputus di Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu 25 Desember 2021.

Kedua jembatan itu merupakan akses utama warga Cidaun, Cianjur, untuk beraktivitas, terutama aktivitas perekonomian. BPBD Cianjur segera berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB).

Baca Juga:  Bawaslu Jabar Libatkan Perempuan dalam Pengawan Pemilu 2024

“Kami langsung mengajukan ke BNPB, agar jembatan yang putus segera diperbaiki karena seribuan kepala keluarga dengan jumlah jiwa lebih dari belasan ribu, saat ini terisolir karena tidak ada akses jalan alternatif yang dapat digunakan,” kata Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Labis dilansir Antara.

Baca Juga:  Puluhan Kontraktor Pembangunan Rumah Korban Gempa Dipolisikan, Ini Kata Bupati Cianjur

Selang satu hari, setelah dua jembatan putus, pihaknya langsung mengadakan rapat dengan PUPR maupun instansi terkait di Pemkab Cianjur, untuk membahas perbaikan, dan peserta rapat sepakat untuk mengajukan ke BNPB karena kalau dari APBD tidak tersedia dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Soal Penjemputan Habib Rizieq, Polda Jabar: Harus Tertib Protokol Kesehatan

Bahkan setelah disampaikan secara lisan dan disusul dengan proposal pengajuan, pihak BNPB segera mengabulkan permohonan perbaikan dua jembatan gantung yang putus, namun meminta kelengkapan administrasi segera dipenuhi.