Dua Rumah di Bandung Barat Ambruk Tergerus Pergerakan Tanah, Warga Langsung Diungsikan

Rumah warga Bandung Barat ambruk terkena dampak pergeseran tanah. (foto: BPDB Bandung Barat)

Amas mengatakan pergerakan tanah tersebut awalnya terjadi pada 20 Mei 2022. Saat itu hanya menyebabkan rumah warga retak-retak pada bagian dindingnya. Hingga pada Senin malam peristiwa itu kembali terjadi dengan eskalasi dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga:  Sampel Air Sungai Cimeta Diperiksa, Pembuang Limbah Terancam Pidana

“Awalnya hanya retakan saja, semalam kejadian lagi, hingga akhirnya retakan itu membesar dan menyebabkan dua rumah warga ambruk,” ucap Amas.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun semua warga yang menghuni rumah tersebut diungsikan sementara ke rumah kerabatnya.

Baca Juga:  Dua Kampung di Purwakarta Dilanda Pergerakan Tanah, Norman Nugraha Beberkan Hal Ini

“Karena tidak memungkinkan ditinggali, warga yang terdampak diungsikan sementara waktu ke rumah kerabatnya. Kita juga terus lakukan assessment,” kata Amas.

Setelah kejadian ini, pihaknya segera berkoordinasi dengan tim geologi untuk melakukan penelitian di wilayah tersebut supaya diketahui tingkat kerawanan bagi pemukiman warga.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Sukabumi Alami Longsor dan Pergerakan Tanah

Tak hanya itu, kata Amas, pihaknya juga pertimbangkan untuk menerjunkan tim geologi, untuk mengetahui tingkat kerawanan bencana di lokasi tersebut. (red)