Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir

Waspada Banjir. (foto: istimewa)

JABARNEWS | KARAWANG – Sedikitnya 304 unit rumah di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam banjir pada Sabtu (16/7/2022). Sebagian besar rumah yang terendam banjir berlokasi di Desa Karangligar.

Intensitas curah hujan tinggi menjadi salah satu penyebab aliran sungai Cidawolong dan Kedunghurang yang melintasi wilayah tersebut meluap hingga ke permukiman penduduk.

Baca Juga:  Bupati Cellica Dikabarkan Akan Hengkang dari Demokrat, Begini Respon PKS dan PDIP

Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk BPBD Karawang, untuk mengevakuasi warga yang harus dievakuasi.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca, Berikut Sejumlah wilayah Yang Berpotensi Hujan Lebat

BNPB menyebut, terdapat sekitar 200 kepala keluarga (KK) atau 1.192 jiwa terkena dampak banjir di Karawang. Sementara sebanyak 304 unit rumah, 2 unit fasilitas ibadah, dan 3 unit fasilitas umum tergenang banjir dengan ketinggian antara 10 hingga 100 cm.

Baca Juga:  Parah! Oknum Perusahaan di Purwakarta dan Subang Kerap Buang Limbah B3 ke Sungai Karawang

“Belum ada laporan korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan pers, Minggu (17/7).