Duh! Ribuan Hektare Lahan di Purwakarta Rawan Kebakaran saat Musim Kemarau

Karhutla
Ilustrasi karhutla. (Foto: Ist/Net).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta melaporkan bahwa ribuan hektare kawasan hutan, perkebunan dan lahan yang tersebar di 11 kecamatan rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Purwakarta Juddy Herdiana mengatakan bahwa tingkat kerawanan tersebut mengacu pada kejadian kebakaran di kawasan hutan, perkebunan dan lahan pada tahun lalu.

Baca Juga:  Duduk Diatas Motor, Pengedar Narkoba di Pematangsiantar Ditangkap

Pada tahun 2023, lanjut dia, peristiwa kebakaran yang menyerang kawasan hutan, perkebunan dan lahan di Purwakarta mencapai 243 kali, dengan luas areal yang terbakar mencapai 239,156 hektare.

Baca Juga:  Sejumlah Harga Sayuran di Purwakarta Bakal Alami Kenaikan Jelang Ramadhan, Ini Penyebabnya

Juddy menyebutkan, areal yang terbakar itu di antaranya terjadi di 11 kecamatan, dengan rincian di Kecamatan Bungursari terjadi 39 kali kebakaran kawasan hutan, perkebunan dan lahan. Kemudian di Kecamatan Jatiluhur, Sukatani dan Kecamatan Purwakarta masing-masing terjadi 33 kali karhutla pada tahun 2023.

Baca Juga:  Data Terbaru Covid-19 Nasional, Dekati Angka 1 Juta Kasus

Selanjutnya di Kecamatan Darangdan terjadi 22 kali karhutla, Kecamatan Babakancikao 19 kali, Campaka 16 kali, Wanayasa 14 kali, Plered 13 kali, Kiarapedes 11 kali dan di Kecamatan Pasawahan terjadi 10 kali kebakaran karhutla.