Ekskul Tari, Sarana Tepat Kembangkan Kreativitas SMK di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Keberadaan ekstrakurikuker (ekskul) tari di Sekolah Menengah Kejuaraan Negri (SMKN) 2 Purwakarta, jadi sarana tepat bagi siswa salurkan bakatnya.

Kepala SMKN 2 Purwakarta Muhardi mengatakan, menyibukkan diri dan semua potensi yang dimiliki untuk hal-hal positif bisa lebih menguntungkan siswa.

“Adanya ekskul ini, membuat mereka bisa mengekspresikan diri mereka ke hal yang positif. Karena tujuan ekskul semacam ini memang dibuat guna mencegah siswa menggunakan energinya untuk hal negatif,” Jelasnya, Kamis (12/12/2019)

Baca Juga:  Malaysia Deportasi 44 PMI Melalui Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai

Menurut Muhardi, hal ini diyakininya pula bakal menjadikan siswa betah di sekolah. Energi, pikiran siswa, tersalurkan untuk hal-hal positif.

“Dalam perkembangannya, ekskul inipun terbilang cukup menjanjikan. Eksistensinya, membuat siswa kerap diundang untuk tampil di berbagai event-event bergengsi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Indocement Dukung Program Sejuta Vaksin Jabar

Dengan begitu, lanjut dia, manfaat yang didapatkan siswa menjadi jauh lebih luas. Mendalami dan menjaga budaya daerah, khususnya seni budaya tari, sekaligus mendapatkan keuntungan lebih untuk belajar menjadi penari profesional.

“Karena itu pula, orientasi yang kami bangun di ekskul ini sekarang lebih luas. Membangun prestasi, merawat budaya bangsa, sekaligus memberikan kesempatan ekonomis bagi siswa lewat kemampuan profesionalnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Warga Kota Bandung Tak Perlu Khawatir, Yana Mulyana Pastikan Stok Minyak Goreng Aman

Sementara Siswi SMKN 2 Purwakarta, Bela, sebagai pegiat seni tari mengungkapkan tekadnya untuk menekuni hobi menari lebih terfasilitasi dengan ikut kegiatan ekskul.

“Suka nari dari dulu, makanya waktu awal masuk sekolah ada ekskul tari langsung ikutan,” pungkasnya. (Gin)