Enam Kelurahan di Kota Bandung Raih Penghargaan Gotong Royong Terbaik, Diantaranya Sukamiskin

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (Istimewa)

Sehingga, Pemerintah harus bisa mendorong dengan memberikan stimulan, yang saat ini diberikan melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK).

“PIPPK ini proporsional diberikan kepada teman-teman di kewilayahan. Dehingga kalau stimulan ini katakanlah nilainya Rp50 juta atau Rp100 juta, bentuk partisipasi gotong royong masyarakatnya itu saya yakin jauh lebih besar daripada stimulan yang diberikan,” katanya.

Baca Juga:  Minyak Goreng Murah Rp14 Ribu di Kota Bandung Kini Hilang dari Pasaran

Menurut Yana, gotong royong masyarakat bisa beragam, seperti kopi, singkong, hingga tenaga. Hal itu memang tidak dapat dikonversi, tetapi itu dapat meningkatkan nilai gotong royong dari stimulus yang diberikan hingga 2-3 kali lipatnya.

Baca Juga:  Meski Kasus PMK di Jabar Turun, Uu Ruzhanul Ulum: Pastikan Vaksinasi dan Skrining Hewan Tetap Jalan

“Saya tetap punya keyakinan pemerintah tidak bisa menyelesaikan seluruh masalah Kota Bandung ini sendiri, butuh partisipasi, butuh gotong royong, butuh kerja sama, kolaborasi dengan semua pihak termasuk masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:  Polisi Dalami Kasus Perdagangan Orang Modus Pekerja Ilegal di Indramayu

“Dan itu tentunya kita harus bisa menilai sehingga ada sesuatu yang membuat kita juga merasa yakin bahwa bentuk gotong-royong dari warga masyarakatnya ini diapresiasi dan dihargai oleh pemerintah,” lanjutnya.