Festival Sentra Industri Jadi Pendorong Daya Saing Produk Lokal

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menghadiri dan menjadi narasumber pada acara Festival Sentra Industri 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung (Disdagin), di Onion Square Cihampelas Walk, Sabtu (24/6/2023).

Pada pelaksanaan tahun ini, Festival Sentra Industri mengangkat tema “All About Tahu,” yang menghadirkan berbagai menu olahan tahu dari berbagai produk makanan yang dijual. Selain itu juga produk industri seperti sepatu kulit, pakaian rajut hingga boneka dari berbagai IKM unggulan Kota Bandung. Festival ini dilaksanakan pada 20-26 Juni 2023.

Baca Juga:  Cegah Kriminalitas, Polisi Minta Warga di Purwakarta Kembali Aktifkan Ronda Malam

Tedy mendorong produk Kota Bandung mampu bersaing dengan produk lokal dari berbagai daerah bahkan produk luar negeri. Dengan cara meningkatkan kualitas mutu produk yang dijual.

“Saya yakin, sebenernya produk lokal Kota Bandung bisa bersaing dengan produk lainnya, tapi memang harus dikontrol secara detail kualitas setiap produknya. Seperti desain yang harus didaftarkan di HAKI dan status SNI pada produk yang kita jual, akan kita koordinasikan bersama Disdagin untuk membantu para IKM memproses itu semua,” kata Tedy.

Baca Juga:  Nahkoda Kapal Karam Bawa PMI Ilegal di Asahan Jadi Tersangka

Selain itu, Tedy juga mengatakan bahwa promosi harus diinovasikan menyesuaikan pasar anak muda yang sangat dengan dengan media sosial.

“Anak muda sekarang hampir tidak ada yang tidak punya media sosial, semuanya bermedia sosial. Sehingga ini kesempatan bagi para pelaku IKM untuk menyentuh pola pola promosi melalui media sosial. Seperti Tiktok dan Instagram, penjualan bisa dioptimalkan melalui media tersebut,” ucap Tedy.

Tedy juga mendorong untuk selalu rutin mengikutsertakan produk unggulan IKM Kota Bandung dalam pameran nasional bahkan international.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Kerahkan Ribuan Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

“Kami dari DPRD Kota Bandung bersama Disdagin akan terus berupaya memberikan peluang kepada pelaku IKM untuk ikut serta dalam pameran dalam negeri ataupun luar negeri. Sehingga produk kita bisa dikenal khalayak ramai,” kata Tedy.

Melalui sesi talk show ini, Tedy menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Disdagin yang mampu konsisten dalam menyelenggarakan kegiatan ini, diharapkan pada pelaksanaan tahun mendatang dapat dikemas secara menarik melalui tema-tema yang dapat menarik minat masyarakat untuk hadir dalam Festival Sentra Industri.* (Humpro DPRD)