FPIK Unpad Kembangkan Kawasan Eduwisata di Lingkungan Kampus

FIPK Unpad
Dekan FPIK Unpad Yudi Nurul Ihsan. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FIPK) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan kampus menjadi kawasan eduwisata.

Salah satu bentuk dalam pengembangan kawasan eduwisata yang dilakukan FIPK Unpad yakni dengan menghadirkan Cafe and Resto Oceano di lingkungan kampus.

Dekan FPIK Unpad Yudi Nurul Ihsan mengatakan, konsep eduwisata bertujuan supaya para mahasiswa dan dosen agar bisa menikmati suasana kampus yang lebih menyenangkan.

Baca Juga:  Belasan Armada Damkar dan Lima Mobil PDAM Diterjunkan untuk Padamkan Kebakaran Kantor Bapelitbang Kota Bandung

“Ini kita buat senyaman mungkin sehingga mahasiswa, dosen dan civitas akademi Unpad serta dari luar itu bisa menikmati kampus sebagai salah satu kawasan eduwisata,” kata Yudi di acara Grand Opening Oceano Cafe & Resto di Kampus Unpad Jatinangor, Rabu (22/2/2023).

“Sehingga yang namanya kampus itu tidak identik lagi seperti menara gading, tapi keilmuan dari hasil pembelajaran dari kampus itu bisa dipraktekan,” tambahnya.

Baca Juga:  Anies Baswedan Dorong Pemekaran DOB di Jawa Barat Jika Jadi Presiden: Harusnya 43 Kabupaten/Kota!

Dia menjelaskan, Cafe and Resto Oceano menghadirkan produk-produk hasil olahan laut dan ikan yang diambil dari budidaya yang dikembangkan oleh FPIK Unpad.

“Kebetulan kita diperikanan dan kelautan punya produk penghasil lauk, ikan. Misalnya kita di Pangandaran punya budidaya Lobster, Kerapu produk olahan masterfish, kita juga dapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Launching Lembur Cepot Juara “Bebas Narkoba”

Yudi mengaku bahwa pihaknya ingin terus meningkatan setiap usaha yang dimilikinya dengan mengutamakan produk-produk unggulan dari ikan dan hasil laut.

“Kita berharap ini jadi salah satu unit bisnis fakultas yang bisa terus berkembang. Mungkin nanti akan lahir Cafe Oceano di tempat yang lain oleh para alumni,” tandasnya. (Red)