Gempa Bumi Tektonik 4,9 Guncang Padang Sidempuan, Warga Panik Hamburan

Gempa Padang
Gempa bumi magnitude 4,9 guncang Padang Sidempuan. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | PADANG SIDEMPUAN – Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,9 guncang kawasan Padang Sidempuan, Sumatera Utara membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Data BMKG, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 11.39 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.17 LU dan 99.41 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km Tenggara Padang Sidempuan pada kedalaman 5 km.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Selasa 5 April 2022

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru. Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Padang Sidempuan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” tulis BMKG.

Baca Juga:  Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Barat Selama Maret dan April 2023, Berikut Daftar Wilayahnya

Terpisah, seorang warga Ronny Siregar mengatakan, sejumlah warga yang panic sempat berhamburan keluar rumah akibat getaran berasal dari gempa bumi tersebut cukup kuat.

“Banyak warga keluar rumah akibat panic karena getarannya cukup kuat,” ujarnya.

Baca Juga:  Gempa Tektonik Magnitudo 4,2 Guncang Sibolga, Warga Diminta Tenang

Kata dia, sampai saat ini tidak terlihat adanya bangunan atau fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat getaran berasal dari gempa bumi tersebut.

“Cukup kuat, tapi tidak ada bangunan yang rusak, cuma warga sempat panik,” bilangnya. (Mad)