Hadapi Lonjakan Wisatawan Saat Libur Lebaran 2024, Ini Strategi Disparbud Jabar

Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar
Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sudah di depan mata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, libur lebaran 2024 bakal dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai destinsi wisata bersama keluarga.

Terkait hal itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan. Pada pelaksanaannya nanti, Disparbud Jabar turut menggandeng Dinas Pariwisata dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dan Stakeholder terkait

Baca Juga:  Sekda Bekasi Dinilai Tidak Netral, Mahasiswa Demo Di Gedung Sate

“Kami melakukan koordinasi dengan seluruh kepaala dinas sektor pariwisata di Jawa Barat untuk antisipasi lonjakan wisatawan. Ini berdasarkan imabauan Kemenparekraf RI agar mengawasi betul destinasi yang ada, serta menjaga ketertiban dan keamanannya, terutama kebersihannya,” kata Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Jumat 5 April 2024.

Baca Juga:  Soal Tol Puncak Bogor, Wisawatan Sambut Baik dan Diharapkan Jadi Solusi Atasi Macet

“Nanti hasilnya akan dilaporkan kepada Kemenparekraf. Maka dari itu, kami akan rapat koordinasi sekaligus memberi arahan dan sosialisasi kepada kabupaten/kota,” tambahnya.

Baca Juga:  Tingkat Kunjungan Wisatawan Meningkat, Disporaparbud: Pariwisata Bisa Normal Kembali

Mengenai potensi kemacetan di titik wisata favorit, Kadisparbud Jabar mengimbau masyarakat agar memilih destinasi lain. Seperti contohnya kawasan wisata Cirebon Raya agar masyarakat tidak lagi terpusat di wilayah Bandung Raya atau Bogor Raya.