Hajat Demokrasi di MAN Purwakarta Gaungkan Budaya dan Kuliner Lokal

MAN Purwakarta
Kegiatan festival Hajat Demokrasi Festival Budaya dan Kuliner Lokal di MAN Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di Madrasah Aliyah Negri (MAN) Purwakarta selama dua tahun yang lalu.

Kali ini, kurikulum merdeka diaplikasikan dalam sebuah festival kuliner khas sunda dan gelar budaya nasional bertema Hajat Demokrasi Festival Budaya dan Kuliner Lokal.

Baca Juga:  DPRD Kab Bekasi Belum Terima Laporan Tim Ahli Soal Jembatan Penombo/Bagedor

Kepala MAN Purwakarta, H. Wahyudin menyebut, kegiatan festival ini merupakan salah satu implementasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yakni projek penguatan profil Pelajar Pancasila yang digabungkan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Baca Juga:  Golkar Purwakarta Belum Menentukan Bakal Calon Yang Diusung

“Profil Pelajar Pancasila itu merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sedangkan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin merupakan kebijakan dikeluarkan Kementrian Agama. Nah, Di MAN Purwakarta ini, Kami gabungkan keduanya,” ucap Wahyudin, saat ditemui di MAN Purwakarta pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Baca Juga:  Pasutri Asal Serdang Bedagai Ditangkap Polisi saat Sembunyi di Riau, Ini Penyebabnya

Menurutnya, Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan dua profil yang saling melengkapi dan harmonis dalam menciptakan pelajar Indonesia yang unggul.