Heboh! Warga Bakar Makam Covid-19 di Padang Sidempuan

JABARNEWS | PADANG SIDEMPUAN – Sebuah sebuah viral video menghebohkan media sosial Instagram terkait pembakaran makam jenazah Covid-19 di pemakaman umum di Aek Tampang, Kecamatan Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Sabtu (22/5/2021).

Dalam narasi video yang diuload akun Instagram @medantau.id tersebut, terdengar suara teriakan warga dengan bahasa Mandailing kecewa dengan adanya pemakaman jenazah Covid-19 di pemakaman umum.

Seorang warga, Roni Siregar mengatakan, dirinya mendapat informasi adanya pembakaran makam Covid-19 di wilayah Aek Tampang yang merasa kesal jenazah Covid-19 dimakamkan di pemakaman umum.

Baca Juga:  145 Ekor Ayam Tiren Diamankan Dari Pedagang

“Tadi malam beredar kabar itu di masyarakat,” bilangnya.

Menurutnya, informasi itu awalnya warga melihat adanya petugas dengan menggunakan APD membawa peti mati dengan dibungkus plastik masuk ke dalam areal pemakaman umum yang tidak jauh dari pemukiman warga.

“Berawal dari adanya petugas dengan APD lengkap masuk areal pemakaman umum membawa peti mati diduga jenazah Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga:  Warga di Kampung Bebas Narkoba Sukatani Wajib Tes Urine Sebelum Nikah

Kata dia, warga sempat minta petugas agar membawa kembali jenazah itu agar tidak dimakamkan di pemakaman umum. Tapi petugas tetap memakamkan di pemakaman umum itu.

“Sudah diingatkan, tapi petugas tidak menggubrisnya dan jenazah Covid-19 tetap dimakamkan di pemakaman umum,” ucap Siregar.

Masih kata dia, warga yang kesal sehingga membakar makam itu dengan menggunakan ban bekas yang videonya viral di media sosial.

Baca Juga:  Akibat Pencemaran Sampah Plastik, Kualitas Air Sungai Ciwulan dan Citanduy Tasikmalaya Jadi Buruk

“Kabarnya warga berhasil ditenangkan petugas dari Polres Padang Sidimpuan yang tiba di lokasi,” bilangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Sidempuan yang juga Sekretaris Satgas Covid-19, Arfan Siregar dikonfirmasi terkait viralnya di media sosial terkait pembakaran makam Covid-19, tidak memberikan jawaban. (Ptr)