Herman Suherman Harap Trotoar di Jalan Siliwangi Cianjur Jadi Icon Kreasi Ruang Publik

Trotoar Jalan Siliwangi Cianjur
Jalan Siliwangi itu akan menjadi icon, seperti Jalan Malioboro, Joglo yang menjadi kebanggaan masyarakat. (Foto: Mul/JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman berharap rampungnya trotoar di Jalan Siliwangi menjadi salah satu ruang publik dan icon kreasi dan membawa kebanggaan bagi warga di Kabupaten Cianjur.

“Saya mohon pedestrian ini kita jaga bersama,” kata Herman saat dihubungi oleh awak media melalui ajudannya, Senin (27/2/2023).

Dia mengajak untuk menjaga dan merawat fasilitas-fasilitas seperti meja kursi tempat duduk, charger handphone dan wifi gratis.

Herman menyampaikan bahwa Jalan Siliwangi itu akan menjadi icon, seperti Jalan Malioboro, Jogja. Tentunya, hal itu menjadi kebanggaan masyarakat Jogja, begitu pun dengan Jalan Siliwangi.

Baca Juga:  Serahkan 55 Sertifikat Tanah kepada Warga Korban Gempa di Cianjur, AHY Beberkan Hal Ini

Herman juga berharap juga ada saran atau masukan dari masyarakat apa bisa terbangun untuk memperindah Jalan Siliwangi. Apa yang menjadi keinginan masyarakat biar terakomodir, kemudian kiri kanan Jalan Siliwangi itu banyak pedagang kaki lima, nantinya bisa ditata atau diatur, tidak boleh mengusir mereka para pedagang kaki lima.

“Tapi disinergikan dengan tata kelola ada saat ini menikmati jalan jalur ini bisa juga menikmati jajanan khas Cianjur dengan demikian pertumbuhan ekonomi akan semakin baik,” paparnya.

Baca Juga:  Ngaku Berasal dari Cianjur, Anak Terlantar di Waduk Jatiluhur Diserahkan ke Polisi

Diketahui, saat soft opening trotoar para pejalan kaki (pedestrian) di Jalan Siliwangi Cianjur, Jumat 17 Februari 2023. Bahkan, saat kesempatan tersebut hadir unsur Forkopimda Cianjur, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta jajaran, para Asisten Daerah (Asda), para kepala SKPD, staf ahli, para Kabag, budayawan, serta warga Cianjur.

Terpisah, Kadis PUTR Kabupaten Cianjur Eri Rihandiar mengatakan, tujuan pekerjaan penataan trotoar itu untuk meningkatkan kualitas fasilitas bagi pejalan kaki (pedestrian) dan fitur ruang public mendukung aksebilitas dan mobilitas pergerakan orang.

Baca Juga:  Soal Polemik di Unsur Cianjur, Firman Mulyadi: Ketua Yayasan harus Bisa Cari Uang

“Perencanaan penataan trotoar dilaksanakan pada tahun 2022,” uap Eri.

Dia menambahkan, pekerjaan kontruksi tahap 1 dan 3 panjang dan lebar 1300 meter, 2 hingga 5 meter. Dan, dari arah tugu tauhid sampai Bank BRI, dari arah tugu tauhid hingga jembatan.

“Sumber anggaran dari APBD tahun 2023,” tandasnya. (Mul)