Jawa Barat Reggae Star Festival Hari Ini Serentak Digelar

JABARNEWS | SUBANG – Pelaksanaan Road to Jawa Barat Reggae Star Festival 2020 hari ini, Sabtu (25/1/2020), serentak digelar di empat wilayah Kabupaten Subang dan beberapa wilayah kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema Olah Reggae Vol.3 tersebut, diisi dengan berbagai agenda kegiatan, seperti kampanye gaya hidup ramah lingkungan, seperti mengurangi dan mengolah sampah, gerakan bijak energi, diet plastik, Workshop 3R, penghematan penggunaan kertas dan tisu.

“Pada aksi serentak ini, kami kembali mengajak individu, komunitas, media massa, praktisi bisnis, dan pemerintah untuk turut serta secara aktif terlibat dan mendukung penuh kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk lingkungan hidup,” kata Arya Putra selaku Project Leader Reggae Star Festival 2020 melalui siaran pers yang diterima Jabarnews.com, Sabtu (25/1/2020).

Baca Juga:  Kapolres Majalengka: Beda Pilihan Boleh Asal Jangan Berantem

Untuk Aksi wilayah Subang sendiri, pihaknya fokus mengangkat topik plastik, karena isu ini semakin mengkhawatirkan dan menjadi sorotan banyak pihak serta memiliki dampak negatif bagi keberlangsungan Bumi yang lestari.

Berdasarkan data yang ada, ujar Arya, setiap tahun, dunia memproduksi 2,12 miliar ton sampah, dan 400 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik. Indonesia sendiri menyumbang 65,8 juta ton sampah per tahun, dimana 16 persen dari jumlah tersebut merupakan sampah plastik.

Dari seluruh jumlah sampah plastik yang dihasilkan diseluruh pelosok dunia, baru berhasil mendaur ulang sebanyak 9% sampah, 12% dari sampah plastik tersebut dibakar dan tercecer atau terbawa ke laut, sisanya dibawa ke TPA, itupun bukan berarti sebuah solusi, tak jarang malah muncul lagi dampak lingkungan lainnya, dan salah satunya baru saja terjadi di lokasi TPA Panembong Subang yakni longsoran sampah.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Forkopimda Purwakarta Sidak Ke Pasar Tradisional

“Berdasarkan fakta tersebut, melalui aksi kecil ini, kami mengajak entitas bisnis, komunitas dan individu untuk mengevaluasi dan berpikir kembali akan gaya hidup sehari-hari, sehingga ke depan mulai menjalankan praktik-praktik gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, sama-sama mempunyai inisiatif untuk mengurangi konsumsi plastik dengan menggunakan material yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Arya menambahkan, untuk menangani masalah ini, sebagai goals dari program aksi serentak Olah Reggae ini, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Subang untuk mulai memberlakukan penggunaan kantong plastik secara bijak dan berbayar.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Senin 19 September 2022

“Semoga terus menjalin sinergi dan kolaboraksi dalam rangka mengkampanyekan gerakan diet plastik dan gaya hidup ramah lingkungan lainnya. Kami pun berharap mendapatkan dukungan penuh pemerintah daerah dalam program-program kampanye kreatif berbasis event Jawa Barat Raggae Star Festival 2020,” ucapnya.

Pelaksanaan Road to Jawa Barat Reggae Star Festival 2020, yang diisi dengan aksi kampanye peduli lingkungan digelar secara serentak di beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat, yakni Subang, Purwakarta, Karawang, Cikarang, Cikampek, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Majalengka dan Indramayu. (Red)