Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Jadi Sumber PADes

JABARNEWS | CIAMIS – Objek Wisata Hutan Pinus Darmacaang di Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis kembali dibuka. Kawasan objek wisata itu kini dikelola secara profesional oleh pemerintah desa setempat.

Camat Cikoneng, Drs Wawan Ruhyat mengatakan, jika dikelola dengan baik dan profesional, objek wisata Hutan Pinus Darmacaang berpotensi menjadi sumber penghasilan bagi daerah, khususnya bagi Desa Darmacaang.

Baca Juga:  Lantik 1.566 Wisudawan, Lulusan Unisba Diharapkan Bisa Bersaing dan Tak Ketinggalan Zaman

’’Kami melihat ini merupakan potensi wisata yang bagus, seperti halnya wisata hutan di sejumlah daerah. Sebelumnya, kawasan ini memang dikelola seadanya. Tapi sekarang, setelah ada kerjasama antara Pemerintah Desa Darmacaang dengan Perum Perhutani, kawasan ini akan dikelola dengan baik, dan menjadi sumber pendapatan untuk desa (PADes),” katanyas seperti dikutip harapanrakyat.com.

Wawan menuturkan, setelah kawasan Objek Wisata Hutan Pinus Darmacaang dibuka kembali dan dikelola profesional, animo masyarakat untuk berkunjung mengalami peningkatan dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Baca Juga:  Jelang Nataru, KAI Cirebon Catat Penjualan Tiket Kereta Baru 26 Persen

’’Mudah-mudahan objek wisata ini berkembang seperti objek wisata serupa yang ada di daerah lain,” katanya.

Wawan mengungkapkan, Pemerintah Desa Darmacaang juga berencana melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana penunjang objek wisata Hutan Pinus tersebut. Di antaranya, menyediakan sarana bermain bagi anak, outbond, dan kawasan kuliner.

Baca Juga:  Gembiranya Warga Saat Motor yang Hilang Ditemukan Polres Purwakarta

’’Untuk pengembangannya, Pemerintah Desa Darmacaang bakal melibatkan masyarakat sebagai pelaku usaha. Dengan begitu, masyarakat juga akan merasakan manfaat dari keberadaan kawasan tersebut,” tandasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat