IBEX Sukses Taklukan Tebing Tinggi di Amerika dan Kalimantan

IBEX
Climber IBEX Iqbal Kamal Fasya (kiri), Team Manajer IBEX Sofyan Arief Fasa (tengah), Atlet Climber dari IBEX Yogi Sugiantoro (kanan) saat diwawancarai di Bandung Creatif Hub, Senin (9/10/2023), malam. (Foto: Rian/JabarNews).

Menurut Sofyan, bagi pemanjat tebing yang menyukai big wall ekspedisi ke Yosimite wajib dijajal pemanjat seluruh dunia. “Dari seluruh dunia tempat ini seperti Makkah yang wajib didatangi,” ucapnya.

Dalam ekspedisinya, IBEX menjajal dua jalur legendaris The Nose dan Free Rider di tebing El Capitan, Yosemite Valley dan tebing Incredible Hulk dan Sierra Nevada sebagai penutup rangkaian perjalanan.

Baca Juga:  Ini Sikap Pengamanan Aset Kebun Binatang Bandung, Ema Sumarna Bakal Buka Ruang Komunikasi?

Sementara itu, Atlet Climber dari IBEX Yogi Sugiantoro menyampaikan bahwa selain kesehatan mental dengan melatih rasa takut, olaharaga ini berdampak positif bagi kebugaran tubuh.

“Menurut saya, olahraga panjat tebing wadah bagi anak muda yang ingin berkegiatan positif,” ucap Yogi.

Tak dipungkiri, olahraga ini mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetesi Internasional. “Banyak prestasi yang dicetak anak muda melalui panjat tebing,” bebernya.

Baca Juga:  Penusukan Guru SD oleh Mantan Suami di Kota Bandung Dipicu Pernikahan Anak Bungsu, Sebut Keponakan
IBEX
Climber IBEX Iqbal Kamal Fasya (kiri), Team Manajer IBEX Sofyan Arief Fasa (tengah), Atlet Climber dari IBEX Yogi Sugiantoro (kanan) saat diwawancarai di Bandung Creatif Hub, Senin (9/10/2023), malam. (Foto: Rian/JabarNews).

Manfaat lainnya, lanjut dia, olahraga ekstrem ini dapat meningkatkan jangkauan lengan. Saat memanjat, seluruh otot akan bekerja secara maksimal. Bila sering dilatih mampu meningkatkan massa otot.

Di tempat yang sama, Climber IBEX Iqbal Kamal Fasya menerangkan bahwa untuk pemula yang ingin mencoba pajat tebing diutamakan memperhatikan keselamatan.

Baca Juga:  Tol Cisumdawu Cimalaka-Cileunyi Dibuka saat Arus Balik Lebaran 2022

“Harus paham dalam segi keamanan, karena olahraga atau kegiatan yang cukup resiko,” terang Iqbal.

Dia menyebut, semakin melakukan aktivitas beresiko, climber harus lebih detail memperhatikan pijakannya.

“Keamanan diutamakan guna memahami safety procedur, agar mengurangi resiko kecelakaan,” tandasnya. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News