IDI Nyatakan Siap Jadi Target Pertama Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan siap untuk menjadi target pertama dalam vaksinasi Covid-19, menngikuti kesiapan Presiden yang juga siap penyuntikan vaksin tersebut.

“Kalau Bapak Presiden menyampaikan sudah bersiap menjadi bagian yang pertama disuntik, IDI juga bersedia menjadi salah satu yang siap pertama dilakukan penyuntikan,” ujar Ujar Ketua pengurus PB IDI, Daeng M Faqih, dikutip dari Antara, Senin (14/12/2020).

Baca Juga:  Jelang Musim Penghujan, Dandim 0619 Purwakarta Siagakan Anggotanya

Dokter-dokter anggota IDI, ia mengatakan, siap menjadi penerima pertama suntikan vaksin Covid-19 yang penggunaannya sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

IDI mendukung program vaksinasi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah untuk mengendalikan penularan SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

Baca Juga:  Menurut Dr. Zaidul Akbar Ini Tanda Plak Di Jantung

Daeng mengklarifikasi berita yang menyebutkan bahwa organisasinya menolak vaksinasi Covid-19 karena pemberitaan itu bisa mempengaruhi kepercayaan publik terhadap program vaksinasi pemerintah.

“Pemberitaan seperti itu akan berdampak pada program vaksinasi, karena masyarakat percaya betul pada dokter dan IDI. Kalau IDI saja menolak, apalagi masyarakat,” kata dia.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Cegah Penyebaran Covid-19

Ia mengemukakan bahwa masyarakat tidak perlu ragu menjalani vaksinasi kalau vaksin Covid-19 sudah tersedia dan BPOM mengizinkan penggunaannya setelah memeriksa kemanjuran dan keamanan vaksin.

IDI menyatakan bahwa vaksinasi merupakan upaya kedua setelah penerapan protokol kesehatan untuk menekan penularan Covid-19di Indonesia.