Kasus ODHA di Kota Bandung Masih Tertinggi se-Jabar, Paling Banyak Ibu Rumah Tangga

Ketua Forum Warga Peduli AIDS (WPA) Kota Bandung Yunimar Mulyana. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, mencatat, kasus HIV/AIDS di Kota Bandung sejak tahun 1991 hingga Desember 2021 mencapai 5.843 kasus. Jumlah ini mengantarkan kota bandung menduduki peringkat pertama dalam kasus hiv tertinggi di Jawa Barat.

Dari jumlah tersebut, 11,18 persennya merupakan kasus HIV/AIDS pada ibu rumah tangga. Estimasi kenaikan kasus baru pada ibu rumah tangga berkisar 40 kasus setiap tahunnya.

Baca Juga:  Pemulung di Cianjur Temukan Granat Sisa Jaman Perang, Masih Aktif?

Dari Fenomena tersebut, Ketua Forum Warga Peduli AIDS (WPA) Kota Bandung Yunimar Mulyana mengatakan untuk menekan bertambahnya angka Orang dengan HIV AIDS (ODHA), pihaknya gencar melakukan Bina Wilayah kepada kader WPA kecamatan dan edukasi lainnya. Termasuk melalui media sosial.

Baca Juga:  Berpengaruh Positif, Uji Coba Rekayasa Lalin di Kota Bandung Jadi Permanen

“Bina Wilayah ini akan kita gelar di Seluruh Kecamatan. Hal ini menjadi bentuk kolaborasi aktif masyarakat untuk menekan angka ODHA khusunya di Kota Bandung,” kata Yuni di Kantor Kecamatan Cinambo, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga:  Jabar Mulai Salurkan Bansos untuk Nelayan dan Nakhoda, Simak Syarat dan Cara Mengambilnya Disini!

Sebagai Ketua Forum WPA, Yuni mendorong WPA Kecamatan untuk Aktif mendata pengidap ODHA. Selanjutnya diberi pengertian agar berkomitmen untuk berobat dan tidak menularkannya ke orang lain.