Info Penting Bagi Pengguna Kacamata untuk Cegah Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Dari berbagai barang yang perlu diwaspadai selama pandemi Covid-19, kacamata termasuk salah satunya. Berbagai penelitian telah membuktikan virus corona dapat menempel pada permukaan pelindung mata sekitar 3-4 hari lamanya.

Oleh karena itu, penting bagi yang entah menggunakan kacamata sebagai alat baca, melindungi dari sinar matahari, atau kebutuhan fashion, untuk senantiasa membersihkan lensa dan bingkai usai digunakan di luar rumah. Presiden American Optometric Association, Barbara Horn, pun membagikan tips.

Selalu bersihkan dengan sabun – Banyak studi yang mengabarkan virus corona sangat sensitif terhadap semua jenis sabun. Atas alasan tersebut, Horn pun mengimbau masyarakat untuk mencuci kacamata dengan sabun. Selalu bilas lensa terlebih dulu dengan air untuk menghindari partikel kasar yang mungkin ada di permukaan dan berpotensi merusaknya.

Baca Juga:  Jerman Keok, Lionel Messi Cs Bakal Juarai Piala Dunia 2018?

Taruh satu atau dua tetes sabun, seperti sabun cuci piring, ke lensa dan gosokkan perlahan dengan kain mikrofiber. Alternatif lain, tisu pembersih lensa sekali pakai juga bisa digunakan. Pastikan untuk membersihkan bantalan hidung, yang menyentuh wajah terus-menerus dan tepi tempat lensa yang bertemu dengan bingkai.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Sebut Perlu Adanya Terobosan dan Inovasi dalam Pelayanan Publik, Ini Masalahnya

“Banyak debu dan serpihan dapat terperangkap dalam ruang kecil itu,” kata ahli kacamata di Pantai Myrtle, Carolina Selatan, Amerika Serikat, itu.

Jangan lupa untuk membersihkan bingkai, termasuk yang ada di belakang telinga. Bilas dan keringkan dengan kain lembut. Hindari menggunakan handuk kertas yang memiliki serat yang dapat dengan mudah menggores lensa. Jika menggunakan kain non sekali pakai untuk membersihkan kacamata, cuci kain itu juga setelah membersihkan spesifikasi.

Jangan meniup kacamata untuk membersihkannya – Banyak orang menggunakan napas untuk menguapkan lensa guna mencoba membersihkannya. “Terutama saat ini, Anda tidak disarankan untuk bernapas pada kacamata untuk menghindari penyebaran kuman dan infeksi,” katanya, seperti dilansir dari situs Today.com.

Baca Juga:  Dua Kampung Di Sukabumi Diterjang Banjir Bandang

Jangan gunakan alkohol atau pemutih – Agen pembersih ini bisa berakibat buruk bagi pelapis antireflektif atau nonsilau pada lensa. Alkohol atau pemutih juga bisa membuat bingkai lebih rapuh.

“Tisu disinfektan rumah tangga boleh digunakan sesekali pada bingkai, tetapi sekali lagi, lewati lensa,” katanya. (Red)