Ingin Kucing Kalian Terhindar Dari Virus Panleukopenia? Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Selain manusia, hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang sering terkena virus terutama kucing. Ada beberapa jenis virus yang sering menyebabkan kematian kucing seperti Panleukopenia kucing atau feline panleukopenia.

Panleukopenia kucing atau feline panleukopenia merupakan penyakit virus yang sangat menular di antara kucing. Penyakit ini disebabkan oleh parvovirus kucing yang menginfeksi dan bisa membunuh sel-sel yang bertumbuh.

Baca Juga:  Potensi Zakat di Kota Bandung Capai Rp1,6 Triliun, Jumlah Mustahik Tembus 62.000 Orang

Penyakit ini membelah dengan cepat, seperti sel di sumsum tulang, usus dan janin yang sedang berkembang. Maka kalian harus mencegah kucing kalian agar tidak terjangkit virus satu ini.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara mencegah kucing terinfeksi virus Panleukopenia yakni:

Pertama. Vaksinasi – Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah panleukopenia kucing. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memberikan vaksin feline panleukopenia virus (FPV) pada kucing peliharaan kamu sejak ia berusia 6-8 minggu.

Baca Juga:  Pengunjung Kafe di Bandung Bakal Dites Covid-19 secara Acak

Berikan vaksin lanjutan dalam selang waktu 2-4 minggu dan booster vaksin tiap setahun sekali. Bila kamu mengadopsi kucing saat ia sudah dewasa, vaksinasi sekali setelah mengadopsinya dan sekali lagi dalam 2-4 minggu.

Kedua. Jaga Kebersihan – Sanitasi adalah kunci dalam menjaga kesehatan hewan. Guna mencegah virus panleukopenia, kamu perlu membersihkan kandang kucing secara menyeluruh sebelum memberikan desinfektan.

Baca Juga:  Viral! KMP Yunice Tenggelam di Selat Bali, Ada 41 Penumpang

Pembersih dan disinfektan tidak sama. Tanpa produk pembersih dan disinfektan yang tepat, penyakit bisa dengan mudah menyebar. Virus panleukopenia termasuk virus yang ‘bandel’ karena virus tersebut susah dihilangkan dan resisten terhadap beberapa desinfektan yang umum digunakan. (Red)