Ini Cara DPPKB Purwakarta Sejahterakan Lansia

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menyejahterakan lansia merupakan salah satu tugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta dalam membangun keluarga. DPPKB memotivasi keluarga yang memiliki lansia agar memperhatikan mereka supaya tetap eksis dan berkarya nyata.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Ketahanan Keluarga, Fata Faridulhisan di hadapan peserta workshop pendamping dan perawatan jangka panjang berbasis keluarga melalui kelompok binaan lansia, Jumat (19/10/2018).

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Antisipasi Semua Potensi Buruk Dampak Musim Kemarau di Purwakarta

“Lansia telah melewati perjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas, dan kearifan yang semua itu dapat dimanfaatkan untuk membuat karya nyata dalam pembangunan nasional,” ujar Fata.

Ia menambahkan, keberadaan lansia sering dianggap beban dalam keluarga sehingga mereka kurang mendapat perhatian. Padahal peran dan perhatian keluarga sangat menentukan terbentuknya lansia tangguh.

Baca Juga:  Jadi Ketua Kontingen, Ini Harapan Dandim 0619 Purwakarta Untuk Atlet

“Untuk meningkatkan fungsi keluarga dalam memberdayakan lansia agar tetap sehat dan produktif serta menjadi lansia tangguh BKKBN, melalui DPPKB mengembangkan kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL) yang saat ini telah berkembang di sebagian besar kecamatan,” terangnya.

Baca Juga:  Pencurian Kendaraan Menimpa Mobil Dinas Pemkab Cirebon, Gara-Gara Parkir Sembarangan?

Fata menjelaskan, BKL melayani keluarga dalam memperoleh informasi tentang perencanaan dan pembinaan keluarga dikembangkan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera di seluruh Indonesia.

“Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga maka kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi keluarga dalam melaksanakan fungsi ekonomi,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat