Ini Kondisi Terbaru Proyek PLTA Cisokan dan PLTS Apung Cirata

Peninjauan proyek PLTA Cisokan dan PLTS Apung Cirata. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Pesero) membeberkan kondisi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Upper Cisokan Pumped Storage (PLTA UCPS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Apung Cirata.

Hal tersebut diketahui setelah Komisaris serta Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN terjun langsung ke lokasi proyek pada 14-15 Juli untuk memonitor progres serta kesiapan dari pembangkit berskala besar tersebut.

Baca Juga:  Soal WDP, Pjs. Wali Kota Bakal Sekolahkan PNS Lulusan SMA

Komisaris PLN Mohamad Ikhsan mengatakan bahwa dengan semakin bertambahnya pembangkit energi baru terbarukan (EBT), maka keandalan sistem kelistrikan di Jawa dan Bali akan semakin baik. Kondisi seperti itu, menurutnya akan berbanding lurus juga dengan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Tempat Produksi Miras Jenis Ciu di Tasikmalaya, Tiga Orang Diamankan

“Sesuai dengan Mars PLN yaitu menjadi agen Pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Ikhsan dalam keterangan yang diterima, Minggu (16/7/3023).

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan bahwa PLTA UCPS akan menjadi PLTA terbesar se-Indonesia dengan kapasitas 1.040 Mega Watt (MW) mengungguli PLTA Cirata yang memiliki kapasitas 1.008 Mega Watt (MW). Sedangkan PLTS Apung Cirata akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 145 Mega Watt AC (MWac).

Baca Juga:  Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan SUTT dan SKTT KCJB di Padalarang Baru Tuntas