Ini, Kriteria Calon Penghuni Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan!

JABARNEWS | BANDUNG – Pemkot Bandung bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) dan badan usaha lain akan menyediakan hunian murah bagi warga Bandung berupa apartemen atau rumah susun di kawasan Cisaranten Bina Harapan, Kecamatan Arcamanik.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, berbagai fasilitas akan dibangun di Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan.

Beberapa fasilitas yang rencananya dibangun di Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan, di antaranya:

1. Area kesehatan dan mushola
2. Area Komersil dan Pertokoan
3. Fasilitas bersama indoor dan outdoor
4. Area Hijau
5. Jogging track
6. Day Care
7. Area bermain anak
8. Lapangan Olahraga

“Dengan jumlah unit yang cukup banyak harus dibarengi dengan berbagai fasilitas umum, sosial dan tentunya bagaimana mengelola sampahnya dan berbagi fasilitas lain,” kata dia, Sabtu 8 Juli 2023.

Baca Juga:  Ini Resep Ridwan Kamil dalam Respons Disrupsi Digital di Jabar

Rencananya, Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan akan dibangun sebanyak 6 tower dengan 10-11 lantai. Pembangunan dimulai tahun 2024.

Ada empat tipe unit yang akan disediakan. Pertama, tipe studio seluas 24 meter persegi. Lalu, tipe kedua yakni satu kamar tidur, luasnya 24 meter persegi.

Kemudian tipe ketiga yakni dua kamar tidur, luasnya 27 meter persegi. Keempat, ada tiga kamar tidur dengan total luas 36 meter persegi.

Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan juga menyediakan unit khusus bagi difabel.

Harga per unitnya terjangkau mulai dari Rp250 juta-Rp380 juta, tergantung tipe. Cicilannya pun terhitung ringan serta akan mendapatkan subsidi pembiayaan dari pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

Baca Juga:  Ini Tradisi Keraton Kanoman Cirebon Jelang Muludan

“Untuk MBR Pemerintah memberikan fasilitas bantuan, masyarakat bisa meminjam KPR dengan suku bunga 5 persen itu salah satu skema yang diberikan dengan uang muka seringan mungkin,” katanya.

Haryo juga menyebut saat ini Kementerian PUPR tengah mengusulkan untuk bebas PPN kepada Kemenkeu agar semakin terjangkau.

Saat ini Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan studi kelayakan dan menginventarisasi calon pembeli Rusun.

“Saat ini bagaimana mencari siapa yang akan menghuni untuk masyarakat berpenghasilan tertentu, wajar dalam investasi harus ada survei pembeli atau penghuninya. Kita sekarang menyiapkan tahun depan (2024) mulai kontruksi dan dimanfaatkan tahun 2025,” ungkapnya.

Baca Juga:  KNPI Kota Bandung Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental dan Generasi Anti Narkoba

Berikut kriteria calon penghuni Rusun Cisaranten:

1. Rumah Susun ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan Rp4 juta sampai Rp8 juta.
2. Berkewarganegaraan Indonesia
3. Tercatat sebagai penduduk di Kota Bandung
4. Belum pernah menerima subsidi atau bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah terkait pembiayaan kepemilikan rumah dan/atau pembiayaan pembangunan rumah swadaya.

Bagaimana menarik kan? Tunggu apalagi bagi warga yang berminat dapat mengisi survey di bawah ini https://tinyurl.com/FormRusunCisa.

Pastikan data-datanya benar, agar dapat dihubungi kembali dan menjadi salah satu penghuni Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan saat konstruksi selesai pada tahun 2025 mendatang. (Diskominfo)