Ini Peran Bidan untuk Cegah Kematian Ibu, YAICI dan IBI Ingatkan Bahaya Susu Kental Manis Bagi Bumil

Kegiatan talkshow rangkaian kampanye dan penghargaan Bidan Sahabat Ibu dan Anak di Kota Bandung, Rabu (4/10/2023), yang diinisiasi Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat. (Foto: Rian/JabarNews).

Eva menjelaskan, edukasi yang dilaksanakan serentak ini selain memperluas jangkauan masyarakat yang terpapar edukasi, juga menumbuhkan kreativitas bidan dalam memberikan penyuluhan.

“Selama ini anggapannya penyuluhan itu membosankan. Tapi melalui kegiatan ini, yang terlihat justru potensi bidan yang cukup kreatif dalam memanfaatkan berbagai media disekitarnya, termasuk media sosial dalam memberikan edukasi yang efektif dan mudah dipahami masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Ringkus Empat Pelaku Judi Online Slot, Satu Diantaranya Perempuan

Sementara itu, Ketua Advokasi YAICI Yuli Supriati menyampaikan bahwa diantara inovasi metode edukasi yang dilakukan para bidan adalah penggunaan aplikasi untuk memantau perkembangan serta memanfaatkan platform sosial media sebagai media penyebaran konten edukasi yang efektif.

Baca Juga:  Jaga Habitat Danau Toba, PT Aquafarm Tabur 100 Ribu Benih Ikan Tilapian

Hal lain yang juga menarik adalah kreasi drama dengan melibatkan masyarakat sebagai pemerannya, dengan cerita yang bermuatan edukasi gizi dan fakta kandungan gula pada kental manis.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Mulai Surut, Ridwan Kamil Harap Dana CSR Tahun 2022 Makin Besar

“Langkah-langkah inovatif ini menunjukkan komitmen bidan-bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan terutama edukasi gizi yang lebih baik dan membantu masyarakat untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatan mereka,” ucap Yuli.