Jabar Punya 1.249 Petani Milenial Baru, Ridwan Kamil: Ini Program Mendaki Gunung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewisuda 1.249 petani milenial Angkatan I Program Petani Milenial di kampus Institut Pertanian Bogor, Kabupaten Bogor, Kamis (24/3/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Ridwan Kamil menegaskan bahwa petani milenial bukan program karpet merah yang secara instan bisa langsung menghasilkan keuntungan tanpa rintangan.

Program ini diibaratkan pendakian gunung yang harus selalu didampingi pemerintah lewat pelatihan, anggaran, lahan, teknologi sampai pemasaran.

Baca Juga:  Air Sungai Meluap, Rendam Ratusan Rumah Warga di Cirebon

“Saya bilang program ini bukan program karpet merah yang bisa langsung sukses, melainkan program mendaki gunung yang didampingi pemerintah melalui pelatihan, anggaran, lahan, peralatan, dan pemasaran,” jelasnya.

Baca Juga:  Usai Ditetapkan, Calbup dan Cawabup Subang Dapat Pengawalan Pribadi

Kendati demikian, Ridwan Kamil optimistis, di tahun-tahun berikutnya jumlah petani milenial yang berhasil dan diwisuda akan semakin bertambah. Tentunya dengan diiringi evaluasi di sektor yang kurang.

“Jadi ada keberhasilan ada juga kekurangsempurnaan yang terus kita perbaiki. Tapi saya optimistis, boleh dicek dengan provinsi lain yang paling produktif melahirkan anak muda kembali bertani di desa adalah Jabar,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Aliran Hakikinya Hakiki Dinyatakan Sesat, 5 Poin Ini Jadi Alasan MUI