Jadi Pondasi Ketahanan Energi, Transmisi Listrik PLTA Jatigede Sumedang Selesai Dibangun

Transmisi Listrik PLTA Jatigede Sumedang. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) proyek pembangunan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Jatigede Incomer sirkit 1 dan 2 arah Rancaekek berhasil diselesaikan dengan baik.

Transmisi ini akan menyuplai daya ke GI150 kV PLTA Jatigede line bay Rancaekek 1 dan 2 serta line bay kopler yang diproyeksikan untuk mengevakuasi daya yang akan dihasilkan oleh PLTA Jatigede untuk masuk ke sistem interkoneksi Jawa Bali.

Baca Juga:  Menyoal Pesta Miras Puluhan Remaja di Kota Banjar, Nana Suryana Akui Hal Ini

General Manager PLN UIP JBT menuturkan proyek SUTT 150 kV Jatigede Incomer telah mendapatkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif) setelah melalui serangkaian pengujian individu dan fungsi peralatan (commissioning) untuk menguji kesiapan dari infrastrukur kelistrikan tersebut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Targetkan Vaksinasi PMK Sasar 2.000 Ekor Sapi di Lima Daerah

“Penyelesaian ini sejalan dengan pembangunan PLTA Jatigede yang sedikit lagi juga akan rampung. Saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 97.90% tinggal menyisakan beberapa pekerjaan saja. Jadi, kami ingin pastikan seluruh infrastruktur yang terkait dengan pengoperasian PLTA Jatigede telah siap” kata Djarot dalam keterangan yang diterima, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga:  Hari Pers Nasional dan Pemilu 2024, Wartawan akan Lakukan Ini di Masjid Agung Sumedang

Pembangunan transmisi listrik senilai lebih dari Rp144 Miliar ini terbentang sepanjang 11,188 kilo meter sirkit (kms) mulai dari Desa Kadujaya hingga Desa Darmawangi Kecammatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.