Duh! Tak Hanya Rusak Rumah Sakit, Gempa Sumedang Juga Sebabkan Keretakan di Terowongan Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu
Terowongan Tol Cisumdawu. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Gempa bumi yang terjadi hingga tiga kali di Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023), tak hanya merusak RSUD setempat, namun juga menyebabkan retakan pada terowongan ganda Tol Cisumdawu.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa BPBD setempat telah melakukan kaji cepat situasi dan mendata dampak kerusakan di lapangan.

Baca Juga:  Keren! Tas Eangelia Karya Anak Difabel Akan Jadi Suvenir di Ajang Miss World 2021

Dengan laporan visual, lanjut dia, yang sementara didapatkan terjadi kerusakan ringan hingga sedang di beberapa rumah dan sekolah khususnya di daerah Babakan Hurip, Sumedang.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Kenang KH Dimyati Rois yang Wafat di Rumah Sakit Tlogorejo Semarang Jateng

“Gempa bumi yang M 4.8 (ketiga) menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Namun atas keretakan itu, dipastikan sementara tidak mengganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali,” kata Andul, Senin (1/1/2024).

Baca Juga:  Memasuki Puncak Musim Hujan, Ini Pesan Bupati Cianjur

Di sisi lain, gempa bumi turut menyebabkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Sumedang Selatan mengalami kerusakan ringan di bagian langit-langit dan keretakan pada dinding.