Jadi Tersangka Korupsi, Sekretaris Disdagin Kabupaten Bogor Belum Ditahan dan Masih Menjabat

Ilustrasi Praktik Korupsi. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BOGOR – Kejari Kabupaten Bogor telah menetapkan Sekdis Disdagin Sumardi sebagai tersangka korupsi dana bantuan kebencanaan senilai Rp1,7 miliar. Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Sumardi hingga kini masih aktif menjabat di Pemerintah Kabupaten Bogor.

Tidak dinonaktifkannya Sumardi ini dikatakan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan karena pihaknya mengedepankan asa praduga tidak bersalah. Tak hanya itu, hal ini juga sudah dikonsultasikan dengan inspektorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Baca Juga:  Gegara Bawa Kabur uang DD, Kaur Keuangan Desa Cirende diringkus Satreskrim Polres Purwakarta

“Kami mengedepankan asas praduga tak bersalah. Saya sudah diskusi dengan Inspektorat dan BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) tadi pagi menyikapi ini,” terang Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga:  KPK Sita Uang dari Staff DPP Partai Demokrat, Terkait Kasus Apa?

Tak hanya itu, Iwan mengatakan pihaknya tidak bisa langsung menonaktifkan Sumardi. Hal ini karena Kejari pun tidak melakukan penahanan meski berstatus tersangka.

Baca Juga:  Perumahan Vila Grand Cikao Purwakarta Terendam Banjir, Puluhan Warga Diungsikan

“Jadi ini tetap berjalan (aktif menjabat) kegiatan kedinasan dia sebagai Sekdis di Disdagin, jadi tidak bisa kita menonjobkan, tidak bisa memberhentikan sementara, kecuali ditahan. Ini kan belum ditahan,” katanya.