Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya Lumpuh Akibat Longsor

JABAR NEWS | KAB. TASIKMALAYA – Peristiwa tanah longsor dini hari tadi, Selasa (26/09/2017) sekitar pukul 01.00 WIB terjadi di daerah perbukitan Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.

Akibat peristiwa tersebut salah satu jalan penghubung Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya tertimbun material longsor.

Akses jalan yang tepat berada di Kampung Maleer yang terhubung ke arah Salawu tersebut lumpuh hingga arus lalulintas dialihkan

Baca Juga:  Pelaku Pemerkosa Belasan Santriwati di Kota Bandung Dituntut Hukuman Mati

Menurut salah satu warga Sahodin (60) menceritakan, longsor terjadi karenakan sumber air dari atas yang tinggi ditambah tektur tanah akibat kemarau kemarin, tanah yang kurang setabil maka terjadilah longsor.

“Sementara ini warga atau pengguna jalan dialihkan ke arah Cigalontang Gunung dengan jarak yang sedikit jauh,” ucapnya, Selasa (26/09/2017).

Baca Juga:  Lima Calon Kades Jalancagak, Deklarasi Pilkades Damai

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Drs.H.E.Z. Alfian BPBD menambahkan longsor yang terjadi merupakan akibat kondisi tanah yang tidak kuat untuk menampung jumlah air yang tinggi dari atas. Serta ditambah tektur tanahnya yang kurang stabil akibat kemarau kemarin.

Baca Juga:  Sakit Hati, Seorang Pria Di Asahan Dihabisi Teman Sendiri

“Kita menargetkan akses jalan akan kembali lancar paling lama 2 hari kedepan. Kita juga mengharapkan bantuan masyarakat Cigalontang untuk membersihkan material longsor. Sehingga akses jalan raya Maleer ini bisa kembali berfungsi,” tambahnya. (Yud)

Jabar News | Berita Jawa Barat