Jamin Masyarakat Dapat Hewan Kurban Sehat Jelang Iduladha, Bupati Purwakarta Lakukan Ini

Pengecekan lapak pedagang hewan kurban. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Perayaan hari raya Iduladha atau yang sering disebut Idul Kurban itu tinggal hitungan hari. Untuk menjamin masyarakat mendapatkan hewan-hewan kurban yang sehat Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kerahkan puluhan petugas pemeriksa hewan kurban dari Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Sebanyak 5.118 Ekor Hewan Ternak di Garut Sembuh dari PMK

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyebut pihaknya sudah menerjunkan puluhan petugas pemeriksa hewan kurban untuk keperluan Hari Raya Kurban nanti, masyarakat harus terjamin dan mendukung asupan protein masyarakat Kabupaten Purwakarta.

“Sebelum hewan dibeli masyarakat untuk kebutuhan kurban hewan tersebut terlebih dahulu diadakan pemerikasaan ante mortem, dilaksanakan di pasar hewan, maka setelah pemeriksan akan dikeluarkan sertifikat sehat untuk hewan tersebut,” ucap Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu, pada Rabu (6/7/2022).

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Kementan Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup

Untuk itu, Ambu Anne mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memilih hewan kurban sehat. Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, bisa ditunjukkan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) sebagai hewan kurban saat Idul Adha.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Waspada Hujan Petir Sore Nanti

Dia juga meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyikapi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).