Jelang Idul Adha, Peternak di Purwakarta Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban

Perternakan Wahana Ternak Jaya yang berlokasi di Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

“Yang saat ini siap dijual ada sekitar 40 domba jantan. Untuk harga bervariasi tergantung berat atau ukuran. Mulai dari harga 2 jutaan hingga 4 jutaan.” Jelas dia.

Sementara, saat disinggung kemungkinan hewan Qurban yang ia pelihara tersebut terpapar Penyakit, Mulut dan Kuku (PMK), Gani menampik tegas hal tersebut. Selain jenis hewan yaitu Domba sangat minim terpapar wabah PMK, Domba dikandangnya tersebut pun selalu dalam perawatan tim kesehatan yang ia persiapkan.

Baca Juga:  Tekan Penyebaran PMK di Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan Optimalkan Pelayanan di Tujuh Posko

“Kalau untuk PMK, jelas di kandang kami tidak ada dan belum pernah ada kasus tersebut. Kami pastikan perawatan hingga pengawasan kesehatan , selalu diutamakan. Jadi aman dari PMK. Terlebih, domba- domba disini dirawat sejak satu tahun lalu, sementara yang biasa terpapar PMK kebanyakan dari hewan jenis Sapi atau kerbau yang selalu berpindah tempat dari pasar hewan ke pasar hewan lainnya” jelasnya.

Baca Juga:  Tiga Pejabat Utama di Polres Purwakarta Diganti, Ini Nama-namanya

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lanjut Gani, pembeli hewan Qurban akan terus berdatangan hingga hari H penyembelihan. Selain berasal dari wilayah sekitar Kecamatan Plered, pembeli pun datang dari sejumlah wilayah lainnya di Kabupaten Purwakarta. Selain untuk kebutuhan pribadi, tak jarang pembeli hewan Qurban berasal dari perusahaan atau intansi pemerintahan.

Baca Juga:  Gomez Is Back

“Kadang pembeli merupakan bandar juga. Kalau bandar biasanya untuk dijual lagi di pasar hewan. Kalau puncaknya penjualan, ya sampai hari H pun masih ada saja pembeli datang kesini dan kami selalu siap melayaninya,” tandasnya.