Jelang Peresmian Kereta Cepat Whoosh, Ini Fasilitas yang Disiapkan Dishub Jabar

kereta cepat
Kereta Cepat Jakarta-Bandung kembali melakukan uji coba. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung yang diperlukan menjelang peresmian layanan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang dikenal sebagai Whoosh, pada Oktober 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, A. Koswara menjelaskan bahwa pemprov telah menyiapkan berbagai fasilitas perhubungan, termasuk shuttle bus menuju Stasiun KCJB Tegalluar, serta kereta feeder yang akan beroperasi ke Stasiun Padalarang.

Baca Juga:  Jambore KORMI ke-2 di Purwakarta Diapresiasi Menpora, Begini Katanya

“Kami sudah memperhitungkan penumpang yang turun di Tegalluar itu 40% penumpang. Dari kapasitas kereta Whoosh yang 600 seat, kami siapkan 300 seat kereta feeder di Tegalluar,” ungkapnya.

Baca Juga:  BPBD Cianjur Sebut Banjir dan Longsor di Cipanas HOAX

Atas alasan itu, kata Koswara, pihaknya telah menyiapkan 300 kursi kereta feeder di Stasiun Tegalluar untuk melayani penumpang tersebut. Bagi penumpang yang datang dari Stasiun Padalarang, mereka akan diangkut sepenuhnya menggunakan kereta feeder.

Baca Juga:  Untuk Warga Jawa Barat, Ini Daftar Beasiswa Pendidikan dari D3 hingga S3

Sementara itu, penumpang yang tiba di Stasiun Tegalluar akan diantar menggunakan shuttle bus menuju pusat Kota Bandung. Total ada 12 shuttle bus yang disediakan, delapan di antaranya berasal dari Damri, dan sisanya dari Bluebird.