Mudik Gratis Jabar 2024, Angkut 2.900 Penumpang

Sekda Jabar Herman Suryatman (baju putih) didampingi
Irdam lll/Siliwangi, Brigjen TNI Agus Gunawan (tengah) dan
Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi (kiri) saat melepas pemudik gratis di Terminal Cicaheum Kota Bandung, (06/04/2024).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemprov Jabar (Dishub Jabar) menggelar mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2024 yang akan mengangkut 2.900 penumpang.

Pelepasan mudik gratis, mulai berlangsung Sabtu (06/04/2024) dari Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum Kota Bandung serta beberapa terminal lain di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, mudik gratis ini sebagai upaya mengakomodir masyarakat agar dapat mudik dengan aman dan nyaman.

“Selain itu, kita juga dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat mudik,” ujarnya usai melepas pemudik di Terminal Cicaheum.

Baca Juga:  Sering Macet Gara-gara Pasar Tumbah, Dishub Jabar Ingin Buat JPO Jalur Selatan

Sedang armada bus menggunakan bus reguler dan harus dalam kondisi prima serta telah melewati berbagai proses pengecekan. Begitu juga supir maupun kru bus harus dalam kondisi sehat dan bugar. Agar perjalanan dapat berlangsung aman, nyaman, dan lancar.

Pemudik Solo Yogya

Sementara Ketua Panitia Jabar Mudik Gratis 2024, Dhani Gumalar menjelaskan, pihaknya menyediakan 2.900 kursi penumpang,

Namun pemudik terbanyak dari Jawa Barat ini  ke arah tujuan Solo dan Yogyakarta.

Baca Juga:  Dishub Jabar Siapkan Fasilitas Lengkap Bagi Pemudik, Ada Rest Area Nyaman

“Kami juga menjamin selama di perjalanan, khusus pemudik ke Solo dan Yogya telah disediakan konsumsi makan sahur gratis,” tegas Kepala Bidang Perkeretapian dan Pengembangan Transportasi Dishub Jabar ini.

Guna kelancaran mudik gratis tahun ini, pihaknya juga menyiapkan 70 bus dari berbagai PO bus yang ada. Dan yang membedakan mudik gratis kali ini, pihaknya membeli tiket bus reguler yang ada.

“Jadi kita tidak memakai bus pariwisata. Kita sudah membuka pendaftaran secara online sejak 3 pekan lalu dan antusias pemudik sangat baik,” tukasnya

Baca Juga:  Wah! 60 Persen Pemudik Lebaran 2023 Lebih Pilih Mudik Pake Motor

Adapun titik terminal keberangkatan, khusus Kota Bandung ada terminal Leuwipanjang melayani rute Bandung- Cilegon (Merak), dan Bandung – Sukabumi.

Sementara  Terminal Cicaheum Kota Bandung, melayani rute Bandung – Yogyakarta (Giwangan), Bandung – Solo (Tirtonadi), Bandung – Tasikmalaya (Indihiang), Bandung – Pangandaran.

Kemudian Terminal Jatijajar Depok, terdapat rute Depok – Yogyakarta (Giwangan), dan Depok -Solo (Tirtonadi), sedangkan Terminal Cileungsi Kabupaten Bogor dengan rute Bogor – Yogyakarta (Giwangan).(red)