Juara Lomba UMKM Pemkab Cianjur, Ternyata Ini Khasiat Gula Semut Aren Buatan Pengusaha Asal Campakamulya

Agus Ramlan, salah seorang penguasa gula semut aren warga Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur. (Mul/JabarNews).

Gula semut, masih ujarnya, keberadaannya baru populer akhir-akhir ini, lain dengan gula putih yang begitu terkenal sejak lama di masyarakat. Maka dari itu banyak masyarakat yang belum tahu dan masih bertanya-tanya tentang gula semut itu sendiri.

Masih ujarnya, walaupun gula semut belum seterkenal dengan gula putih, tapi gula semut mempunyai kelebihan tersendiri dibanding gula putih, yaitu manfaat yang lebih dari gula semut itu sendiri, diantaranya seperti mencegah diabetes. Meskipun penyakit degeneratif ini akan mudah menjangkiti mereka yang dalam keluarganya ada riwayat diabetes, tapi masih bisa dicegah.

Baca Juga:  Truk Tronton Tabrak Warung dan Mobil Box di Cianjur, Sang Sopir Tewas

“Salah satunya dengan konsumsi gula bubuk aren ini,” terang pengusaha gula semut aren warga Campakamulya ini.

Hal senada masih jelas Agus, banyak orang mencari cara bagaimana sembuh dari diabetes. Ada banyak produk gula yang mengklaim aman bagi penderita diabetes, bahkan juga isa menyembuhkan bila dikonsumsi, salah satu produk gulanya adalah gula semut.

Baca Juga:  Tanggap Darurat Pasca Gempa Cianjur Berakhir

“Khasiat gula aren bubuk ini begitu baik untuk pengobatan diabetes jangka panjang,” imbuhnya.

Agus mengungkapkan lagi, juga bisa menurunkan kolesterol. Selain gula darah yang mampu perlahan turun, manfaat gula semut juga efektif yaitu untuk menurunkan kolesterol. Mereka yang punya tingkat LDL tinggi, itu akan terbantu dalam upaya menurunkannya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Dengan Sentuhan Teknologi KJA Jatiluhur Akan Ditata