Kampung Tajur Jadi Objek Wisata Edukasi dan Kearifan Lokal di Purwakarta

Kampung Tajur
Suasana Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok. Desa Pasanggrahan).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jika anda bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin mencari ketenangan nan sejuk? Coba deh berkunjung ke Desa Wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta yang satu ini.

Objek wisata tersebut bernama Kampung Tajur, sebuah kampung yang berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  YNPM Gandeng Media Online Salurkan Logistik untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Pada tahun 2004 silam, kampung tajur diciptakan menjadi sebuah desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bukan tanpa sebab, desa yang berada di Kaki Gunung Burangrang masih menjaga kearifan lokal dan keasriannya.

Baca Juga:  Diduga Mau Bikin Onar di Parungkuda Sukabumi, 12 Anggota Geng Motor Diamankan

Awal masuk Kampung Tajur, anda akan disuguhkan pepohonan yang rindang dengan suasana yang sejuk, gunung yang menjulang, hamparan sawah yang menghijau dan angin berhembus menambah kenikmatan saat tiba di wilayah Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Sunda dan Madura Jangan Terprovokasi! Polda Jabar Tegaskan Duel Maut di Pasar Induk Cikopo Purwakarta Bukan Masalah Antar Suku

Setibanya di kampung tajur, terlihat deretan rumah-rumah panggung yang seragam layaknya rumah adat Sunda tempo dulu, dinding dari anyaman bambu, berlantai kayu dan bercat hitam putih menambah keasrian rumah itu.