Ganggu Aliran Sungai, Satgas Citarum Harum Bersihkan Eceng Gondok

Satgas Citarum Harum Sektor 13 saat lakukan pembersih eceng gondok. (Foto: Dok. Satgas Citarum Harum Sektor 13).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kerap mengganggu aliran sungai, Satuan tugas (Satgas) Citarum Harum sektor 13 lakukan bersihkan eceng gondok dari Daerah Aliran Sungai (DAS) di Blok Cibedil atau tepatnya di Desa Sukahaji, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta.

Komandan Satgas Citarum Harum sektor 13 Kolonel inf Dwi Sunyata melalui Danpok SSK 2/Pok 3 Desa Sukahaji Serka Ujang Suhendi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Citarum Harum dalam menjaga kebersihan DAS sebagai sumber daya alam yang patut dijaga.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Jumat 3 Februari 2023

“Seperti diketahui, DAS salah satu sumber daya alam yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Untuk itu perlu kita jaga dan pelihara kebersihanannya,” ucap Serka Ujang Suhendi, pada Selasa, 10 Mei 2022.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Kamis 15 Desember 2022

Selain untuk kebersihan, kata Serka Ujang, pengangkatan eceng gondok tersebut guna memperlancar aliran sungai terlebih disaat musim penghujan.

Menurutnya, tanaman gulma dengan nama latin Eichhornia crassipes itu kerap menghambat aliran sungai hingga tak jarang menyebabkan air meluap atau banjir.

Baca Juga:  Perahu Bocor, Seorang Pemancing Asal Purwakarta Tewas Tenggelam di Waduk Cirata