Kasus Kebakaran Meningkat, DPRD: Harus Ada Langkah Antisipasi Cepat

 

JABARNEWS | BANDUNG – Belakangan ini marak terjadi bencana kebakaran di Kota Bandung, baik itu di pemukiman warga hingga kebakaran yang terjadi di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung.

Hal ini pun mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, H. Agus Andi Setyawan, S.Pd.I., saat menjadi narasumber dalam talk show OPSI di Radio PRFM Bandung, Rabu, (16/8/2023).

Menurut Agus Andi, bencana kebakaran yang terjadi di Kota Bandung akhir-akhir ini perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Bandung, dalam hal ini Diskar PB Kota Bandung.

Baca Juga:  Mochtar Kusumaatmadja Disematkan pada Jalan Layang Pasupati

“Tentunya saya selaku warga Kota Bandung dan representasi wakil rakyat di DPRD prihatin dengan adanya kejadian kebakaran di Kota Bandung akhir-akhir ini. Harus ada langkah cepat dan antisipasi bersama khususnya bagi Pemerintah Kota Bandung,” kata Agus.

Agus pun mendorong Diskar PB Kota Bandung untuk berkolaborasi juga dengan masyarakat agar bencana kebakaran ini dapat diantisipasi dan perlu dilakukan mitigasi bencana.

Baca Juga:  Gunung Bongkok Purwakarta Kebakaran, Damkar Terjunkan Petugas ke Lokasi

“Jadi harus cepat tanggap. kemudian saya harap ada berkolaborasi dengan warga dan mendorong Diskar PB Kota Bandung untuk bisa mengantisipasi. Harus ada mitigasi bencana kebakaran dan ini harus kita sadari bersama termasuk masyarakat itu sendiri,” ujar Agus.

Tidak hanya itu, Agus pun berharap dengan langkah yang dilakukan oleh Diskar PB Kota Bandung dapat meminimalisir angka bencana kebakaran di Kota Bandung terutama saat musim kemarau.

“Jadi masalah ini harus ada langkah preventif dan kuratif harus kita lakukan. Semoga dengan langkah ini kita bisa meminimalisir bencana kebakaran,” katanya.

Baca Juga:  Pansus RTRW Jabar Ungkap Baru Dua Kabupaten yang Tetapkan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Selain itu, Agus pun berharap masyarakat turut memantau sistem kelistrikan serta hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Pesan penting dalam langkah antisipasi dari masyarakat adalah kita harus memeriksa secara berkala sistem kelistrikan kita. Jangan lupa ketika kita sudah masak pastikan kompor dalam keadaan padam dan harus lebih teliti serta waspada,” ujarnya.* (Humpro DPRD)